​BEM Hukum Unaya Minta kejelasan terkait Tapal Batas Aceh.

ADVOKASIRAKYAT.COM | BANDA ACEH – Ketua BEM Hukum UNAYA, Andre Agustian Menyatakan Pemerintah Aceh hingga saat ini belum memperjelas status atau aturan terkait tapal batas yang  merujuk pada perbatasan Aceh tanggal 1 Juli 1956. Padahal dalam kesepakatan perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan RI, persoalan tapal batas tersebut sangat jelas disusun dalam poin 1.1.4 MOU Helsinki. Hal ini disampaikannya pada Advokasirakyat.com melalui press realisnya (5/4/17).
Persoalan ini sangat perlu di selesaikan dan harus segera di luruskan.“Sampai saat ini kami melihat persoalan itu  belum sama sekali di selesaikan secara ekstra oleh pemerintah Aceh” kata Andre.
Andre menambahkan , Seperti diketahui, pascadamai Aceh telah dipimpin oleh gubernur dari kalangan GAM. Mereka adalah Irwandi Yusuf dan Zaini Abdullah. Namun, kedua gubernur dinilai sama sekali tidak mampu mewujudkan implementasi MoU Helsinki seperti yang disepakati kedua belah pihak dalam perjanjian tersebut.
Mengenai hal ini, Bem Hukum Unaya sering menginginkan kejelasan yang kongrit dari pemerintah aceh terkait hal ini.
“Ini yang sangat kami sayangkan, kenapa persoalan ini seperti jalan di tempat saja,padahal sangat jelas dalam point di atur dalam MoU Helsinki,” Ujar Andri.
Menurutnya jika permasalahan ini dapat segera di selesaikan maka tak ayal ini menjadi tembakan yang sangat tajam bagi pemerintah Pusat,untuk mempertimbangkan kembali terkait Titik Nol Peradaban Islam Di Nusantara.
“Ini sangat jelas ada kaitannya dengan perdebatan tentang titik nol peradaban islam yang baru-baru ini di sahkan oleh Presiden,tentunya Pemerintah Aceh jangan tinggal diam,karena sejarah harus dan sangat perlu di luruskan.”Tambahnya
Selain itu,ia bependapat jika menginginkan power Khekhususan yang ada di aceh dapat berjalan dengan semestinya,salah satu poin penting dalam Butir-butir MoU helsinki ini harus di selesaikan.
“Jika kita menginkan kekhusuan mutlak di aceh agar dapat di rasakab oleh generasi selanjutnya,maka point ini sangat penting dan harus di utamakan penyelesaianya”. Tutupnya. (*)

Facebook Comments

loading…


Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: