Anjungan Aceh Selatan Sedot Animo Pengunjung di PKA ke- 7

by

ADVOKASIRAKYAT | ACEH SELATAN – Meskipun belum dibuka secara resmi, event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke- 7 yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh mulai ramai pengunjung untuk melakukan wisata budaya.

Amatan wartawan, Minggu (05/08/2018), sejak pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB, pengunjung dari berbagai daerah yang masuk ke lokasi taman Safiatuddin terus meningkat. Sebagian ada yang menggunakan kendaraan dan ada juga yang menapak kaki menusuri jalan area PKA.

Pengunjung sesekali berhenti untuk melihat-lihat destinasi wisata budaya yang ditampilkan pada stand pameran masing-masing Kabupaten sembari mengabadikan momen tersebut melalui foto.

Namun ada satu stand yang menarik perhatian publik yaitu anjungan Kabupaten Aceh Selatan dengan ibukotanya Tapaktuan merupakan daerah eksotis menyimpan sebuah legenda Naga.

Dengan patung naganya yang terlihat benar-benar asli, terbuat dari material semen dan besi diukir sedemikian rupa, membuat anjungan stand Kabupaten Aceh Selatan mampu menyedot animo pengunjung.

“Seandainya naga ini hidup, maka dia akan melahap kita semua,” ujar salah satu pengunjung, ibu saripah yang datang bersama anak-anaknya.

Bagaimana tidak, dengan lidahnya menjulur keluar mulut terbuka lebar dan mata melotot seakan orang yang berada dighadapannya akan dijadikan mangsa sebagai makanan yang empuk.

Tampak, pengunjung datang silih berganti melakukan dokumentasi berfoto ria di patung naga tersebut. Anak-anak sangat senang dan tertarik bila dapat menyentuh patung naga sehingga memberanikan diri naik di atas punggung naga sepanjang 5 meter tersebut.

Ketua harian PKA Aceh Selatan, Drs. Martunis yang hadir bersama Pj Bupati dan Sekda mengatakan Kabupaten Aceh Selatan merupakan salah satu Kota yang memiliki ragam objek wisata dan legenda.

“Patung Naga yang kita tampilkan di halaman anjungan itu salah satu legenda Aceh Selatan yang mendunia, jika mau tau ceritanya ayo kunjungi stand kami,” ucap Martunis.

Martunis mengaku, dalam PKA ke- 7 ini, Aceh Selatan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan yaitu sebanyak 33 cabang.

“Kita full ikut andil dalam PKA kali ini, semua perlombaan kita ikuti dengan mengerahkan 1011 orang termasuk peserta dan panitia,” ungkapnya.

Selain itu Martunis, mengajak seluruh masyarakat pengunjung untuk datang ke Stand PKA Aceh Selatan karena akan menampilkan ragam budaya, pergelaran seni, kreatifitas dan produk unggulan serta keunikan tradisi.

“Hari ini masih persiapan dan baru sebagian yang kita tampilkan, Aceh Selayan memiliki ragam hal unik dan menarik untuk disaksikan dan dikupas,” demikian pungkasnya.

Leave a Reply