Banjir Melanda Aceh Utara, Ketua SPMA Unimal: Pemerintah Agar Bekerja Maksimal dalam penanggulangan Ilegal Logging.

oleh

ADVOKASIRAKYAT.COM, Lhoksukon ( 4/12 ) – Kecamatan Matang Kuli, Aceh Utara menjadi langganan banjir dalam beberapa tahun belakangan ini jika hujan deras mengguyur wilayah tersebut, bahkan banjir di Matang Kuli menjadi pusat perhatian oleh banyak kalangan.

Selain hujan deras ada faktor lain yang menyebabkan banjir kerap terjadi di Aceh Utara jika terjadi hujan, menurut Razjis Fadli, ketua Sekolah Pemimpin Muda ( SPMA ) Unimal, pemerintah setempat dan pihak yang berwenang agar bisa bekerja lebih maksimal dalam menanggulangi penebangan liar ( ilegal logging ), hal ini sudah menjadi rahasia umum kalau hutan – hutan di pedalaman Aceh Utara selalu di jarah, selain itu pengalihan fungsi lahan juga menjadi faktor besar terjadinya banjir.

“Lihat saja berapa banyak hutan di tebang di Aceh Utara, berapa banyak pula hutan dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit, kelapa sawit kan dapat merusak kestabilan tanah, itu kelapa sawit tidak dapat menyerap dan menyimpan air, jadi wajarlah kalau banjir ya terendam, kalau kemarau ya cepat kering”.

Selain itu Razjis Fadli juga meminta kepada pemerintahan Aceh Utara untuk menciptakan program penanggulangan bencana yang efektif, mengingat jika terjadi bencana dapat merugikan ekonomi dan produktifitas masyarakat.

“Seharusnya eksekutif dan legislatif Aceh Utara harus serius menggarap program penanggulangan bencana, masa anggaran ngopi ( rapat ) aja yang gede, tapi enggak menghasilkan program kreatif”. Kata Razjis

Menanggapi banjir yang sedang melanda sebagian Aceh Utara Razjis mengajak semua elemen masayarakat dan Pemerintah untuk cepat tanggap dan membantu para masyarakat yang terkena dampak banjir.

“Sekarang saya mengajak pemerintah, masayarakat, dan lembaga lembaga lain untuk membantu saudara kita yang sedang musibah, dan setelah ini kita desak pemerintah Aceh Utara untuk segera membuat program penanggulangan bencana serta membuat regulasi yang tegas untuk illegal logging” tutupnya.

Facebook Comments

loading...

Tinggalkan Balasan