Hassan Rouhani Kembali Terpilih Menjadi Presiden Iran

by

ADVOKASIRAKYAT.COM – IRAN, Hassan Rouhani kembali terpilih menjadi presiden Iran dengan total perolehan suara sebanyak 57 persen. Rouhani berhasil mengalahkan rivalnya Ebrahim Raisi, yang hanya mendapat perolehan suara 38 persen.

Sekitar 41,2 juta warga Iran ikut berpartisipasi dalam pemilu kali ini. Bahkan sebanyak 73 persen dari jumlah pemilih memaksa pejabat pemilu untuk memperpanjang pemungutan suara beberapa jam dari waktu yang ditentukan.

Kemenangan Rouhani membuktikan rakyat Iran menginginkan negaranya agar lebih terbuka pada dunia. Ini juga membuktikan rakyat dengan tegas menolak ekstremisme.

“Keinginan rakyat telah diungkapkan dengan sangat jelas. Rakyat Iran telah memilih jalan untuk bergabung bersama dunia, menjauh dari ekstremisme,” katanya dalam pidato kemenangan, seperti dilansir dari laman Middle East Eye, Minggu (21/5).

“Orang-orang Iran ingin hidup dalam kedamaian dan persahabatan dengan seluruh dunia, dan tidak ingin menerima ancaman atau penghinaan apapun,” tambahnya.

Kemenangan ini mengundang pujian dari para pendukungnya. Mereka turun ke jalan untuk bernyanyi dan menari menunjukkan kebahagiannya. Bahkan, koran lokal memuji kemenangan Rouhani dengan menampilkan berita utama berjudul “kemenangan bersejarah bagi rakyat Iran”.

Sementara itu, Rusia yang selama ini berjuang bersama Iran dan Suriah untuk mendukung pemerintahan Presiden Basyar al-Assad ikut merasa kegembiraan atas kemenangan Rouhani.

“Kesiapannya untuk melanjutkan kerja sama aktif sejalan dengan tujuan kami bersama untuk menjaga stabilitas dan keamanan di Timur Tengah dan dunia secara keseluruhan,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah pesan telegram.

Sementara itu, Assad juga memberi selamat kepada Rouhani karena telah mendapatkan kepercayaan dari rakyat Iran. Selain kedua pemimpin negara tersebut, pemimpin Eropa dan Asia juga menyambut baik hasil pemilihan tersebut(MZ)

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply