IAIN Lhokseumawe melakukan Pelatihan Kader Ulama Hisab Rukyat

ADVOKASIRAKYAT.COM, ACEH UTARA, Menyikapi persoalan perbedaan dalam penentuan awal bulan hijriah yang selalu terjadi dalam masyarakat Indonesia, khususnya saat penentuan awal bulan Ramadhan, Syawal dan Zulhijah.  Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe mengadakan Workshop Kader Ulama Hisab Rukyat selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 20-22 Agustus 2017.

Acara ini dilaksanakan di Laboratorium Astronomi Islam gedung Biro Rektor IAIN Lhokseumawe dengan jumlah peserta 30 orang dari perwakilan guru dayah yang ada di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Selama kegiatan, peserta dibekali dengan beberapa topik materi yang berkaitan dengan penentuan awal bulan hijriah, seperti “urgensi ilmu falak dalam perspektif fikih”, “metode hisab awal bulan hijriah dalam perspektif ilmu falak”, “probletika sidang itsbat awal bulan hijriah”, “mazhab-mazhab hisab dan rukyat di Indonesia”, “hisab awal bulan hijriah” dan “praktik rukyah hilal”.

Semua materi tersebut disampaikan oleh pemateri yang kompeten dalam bidang nya, yaitu Drs. Asnawi Abdullah, MA, Ketua MPU Kota Lhokseumawe, Waled Mustafa M.Isa, S.Pd.I, Pimpinan Dayah Darul Falah dan anggota MPU Aceh Utara, Tgk. Ikhsan Kamila, MH, alumni mangister ilmu falak UIN Walisongo Semarang Jawa Tengah, Muazir. M, S.Sy, tenaga ahli hisab rukyat Kantor Kementerian Kota Lhokseumawe, dan Tgk. Ismail, S.Sy.,MA, Kepala Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe.

Dari hasil evaluasi terhadap kegiatan ini, peserta menganggap sangat penting acara seperti ini dilanjutkan secara rutin, mengingat masih minimnya tenaga ahli yang membidangi ilmu falak dari kalangan dayah dan sangat banayak permasalahan yang terjadi di masyarakat yang ada kaitan langsung dengan ilmu ini, seperti persoalan arah kiblat, jadwal waktu salat, penentuan awal bulan Ramadhan dan persoalan peristiwa gerhana.(RI)

Facebook Comments

loading…


banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: