Ini Pemenang Lomba Komsos Kreatif Kodim 0107/Aceh Selatan

 

ADVOKASIRAKYAT.COM | Aceh Selatan – Selama ini TNI – AD selalu menjalin komunikasi sosial (Komsos) dengan berbagai elemen baik Aparat pemerintah (Apem), masyarakat dan Keluarga Besar TNI (KBT). Komunikasi ini cenderung dilakukan secara formal, dimana komunikator menyampaikan pesan secara verbal dengan harapan dapat berinteraksi terjalinya komunikasi.

 

Namun seiring dengan dinamika Komsos masyarakat semakin berkembang, maka Kodim 0107/Aceh Selatan perlu melakukan pengembangan dengan kegiatan Komsos dalam bentuk baru yaitu Komsos Kreatif melalui pesan gerak badan/olahraga, lambang/foto, tari, sosiodrama dan pentas seni/pagelaran.

 

Oleh karena itu, Kodim 0107/Aceh Selatan menyelenggarakan berbagai perlombaan dalam rangka melaksanakan program TNI – AD bidang teritorial dengan substansi Komunikasi Sosial Kreatif kepada pelajar SLTA sederajat, bertempat di aula Makodim Jln.TR.Angkasah Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Senin (18/09/2017).

 

Perlombaan Komsos kreatif diikuti oleh seluruh SLTA sederajat se – Kabupaten Aceh Selatan dan dihadiri lebih 350 orang pelajar. Adapun materi kegiatan yang diperlombakan adalah berupa vokal grup lagu wajib, lagu daerah dan lagu perjuangan. Kesenian daerah rapai geleng serta baca puisi tentang TNI, foto dan karya jurnalistik.

 

“Perlombaan ini masing – masing peserta mewakili setiap kecamatan dan didampingi oleh Danramil ataupun Babinsa, untuk judul dan tema sesuai yang telah ditentukan, penilaian secara perorangan dan grup, namun tetap membawa nama kecamatan,” jelas Pasiter Kapten Inf Abdurrohim, S.Ag, selaku koordinator kegiatan.

 

Lebih lanjutnya, Koordinator menyampaikan bagi pemenang lomba akan diberangkatkan ke Korem 012/TU untuk diperlombakan membawa nama kabupaten.

 

“Di Korem ikut lomba lagi, jika menang maka lolos ke Kodam, nanti disana akan ditentukan untuk mewakili provinsi ke pusat, semoga Aceh Selatan menjadi pilihan,” sebut Koordinator Kapten Abdurrohim.

 

Tampak penampilan peserta grup rapai geleng yang ditampilkan oleh pelajar SMAN 1 Kluet Utara memukau ratusan mata penonton dan membuat histeris dengan suara teriakan dan tepuk tangan.

 

Menanti hasil perlombaan, keempat juri yang terdiri dari Jalil Irfandi juri paduan suara, Ansar Sp.d juri Jurnalistik, Cut Pusri Ulha, Sp.d juri baca puisi, Cut Malahayati  juri rapai geleng melakukan musyawarah untuk memutuskan salah satunya yang terbaik menjadi pemenang.

 

Akhirnya juri memutuskan dan membacakan hasil lomba,  dengan pemenang sebagai berikut, untuk kategori perorangan lomba photo & karya tulis juara 1 Maryulis zilai dari SMA 1 Kluet Selatan, Juara 2 M.Faŕhan dari SMAN 1 Kluet Utara, Juara 3 Alzia Ulqadafi dari SMA Unggul Tapaktuan. Kategori baca puisi juara 1 Afratul Tasya SMA 1 Tapaktuan, Juara 2 Shinta Sàkinah SMA Insan Madani, juara 3 Defri Maulida SMA 1 Sawang.

 

Sedangkan untuk kategori grup lomba Kesenian Daerah juara 1 SMAN 1 KLuet Utara, juara 2 SMAN 1 Kluet selatan, juara 3 MAN 3 Aceh Selatan dan sebagai pemenang lomba Paduan Suara yaitu juara 1 SMA 1 Tapaktuan, juara 2 SMA Swasta Insan Madani Kecamatan Meukek serta juara 3 dari SMAN 1 Kluet Selatan.

 

Sebagai bentuk penghargaan kepada yang berprestasi, Kasdim Aceh Selatan Mayor Inf Ferdinand, Pasiter Kapten Inf Abdurrohim, Pasimin Kapten Inf Alfonso dan Danramil 13/Kluet Timur Kapten Inf Kamsita Sari menyerahkan piala.

 

Sementara juri Jalil Irfandi mengungkapkan bahwa dalam kompetisi selalu ada menang dan kalah namun bukan itu yang penting. Akan tetapi esensi dari sebuah sportifitas, kekompakan dan hubungan silaturrahmi.

 

“Kita juri memberikan penilaian yang murni, sportif dan netral, ini demi pengembangan bakat mereka, yang bagus akan dapat nilai bagus, namun semuanya secara umum sangat menarik, mereka cukup semangat dan sportif serta soliditas dan kompak,” tutup Jalil.

 

Harapan kegiatan Komsos kreatif ini adalah mampu mengimplementasikan komunikasi dengan optimal sehingga fungsi utama teritorial dapat terlaksana dengan baik.[Haes]

Facebook Comments

loading…


banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: