Kilauan Pasir Pantai Anoi Itam Luput dari perhatian Dinas Pariwisata Sabang

Suasana Pantai Anoi Itam

ADVOKASIRAKYAT.COM | Sabang – Kawasan wisata pantai Anoi Itam sabang merupakan salah satu kawasan pantai dengan hamparan pasir yang sangat eksotis. Namum keindahan Alam yang terbentuk secara natural di pantai Anoi Itam sabang yang terkenal dengan keindahana alam bawah laut luput dari perhatian dinas parawisata kota sabang.

Salah satu warga setempat  Suhaimi menjelaskan kepada AdvokasiRakyat.com melalui pers rilisnya pada Senin (12/07/17) mengatakan bahwa Anoi Itam sudah mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara, untuk melihat-lihat keindahan bawah laut, serta hamparan kilaunya pasir yang terhampar luas sejauh mata memandang. Selain bersenokling di kawasan ekosistem terumbu karang dengan berbagai jenis biota laut, kawasan pantai dengan hampar pasir hitam juga di manfaat oleh sebagaian pengunjung untuk melakuka trapi alam dengan membenamkan tubuh ke pasir pada saat mata hari terbit dipagi hari maupun menjelang sore hari.

Minimnya fasilitas umum  yang ada di kawasan tersebut membuat para wisatawan lokal maupun mancagera sering kerepotan untuk berteduh maupun mengantikan pakaian selepas bersenokling di laut. Padahal selama ini kunjungan parawisatan setiap bulan sudah mencapai ratusan pengunjung. Selain minimnya fasilitas penunjang. Suhaimi mengharapkan kepada pihak terkait untuk kembali melakukan penanaman pepohonan yang sudah banyak bertumbangan akibat terkikis oleh obrasi pantai.Suhaimi juga menambahkan bahwa selama ini para wisatan yang berkunjung kepantai Anoi Itam terpaksa memanfaatkan fasilitas masyarakat setempat.

Saiful Bahri salah satu warga yang membuka usahan di kawasan tersebut juga mengutarakan hal yang sama terkait dengan mekanisme pengelolaan wisata bahri yang ada di Anoi Itam. Wisata pantai semestinya dikelola dengan  maksimal dan profesional misalnya pengelolanya diperlukan keterlibatan masyarakat setempat, serta melakukan studi banding ke daerah-daerah lain yang sudah terlebih dulu mengembangkan kawasan pantai menjadi benar-benar berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Supaya masyakarat dapat memahami mekanisme pengelolaan kawasan tersebut secara ekonomis.

Ia berpendapat, Pantai Anoi Itam dapat dikembangkan melebihi daerah-daerah lain yang ada di indonesia, sebab keindahan alam bahwa laut terdapat berbagai spesies ikan serta terumbu karang. Selain meningkatkan perekonomian warga juga dapat menambah pendapatan daerah, tutur Saiful.

Kami atas nama masyarakat Anoi Itam Meminta pemerintah Kota Sabang, melalui dinas terkait Dinas Parawisata untuk segera merealisasi pembangunan fasilitas penunjang dalam memajukan parawisata Pantai Anoi sabang.(mz)

Facebook Comments

loading…


banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: