Longsor di Jalan Provinsi Muntahkan Gelondongan Kayu

oleh

Tim BPBD Aceh Timur dan  pihak Dinas PU bersama Alat Berat Jenis Beco tiba di lokasi Longsor, tepatnya di Kilometer 70 desa Rampah Kecamatan SerbaJadi Lokop. Tiba pada Rabu (06/12) sekitar pukul 05.00 Wib pagi.

ADVOKASIRAKYAT.COM | ACEH TIMUR – Selain Tanah dan krikil, gelondongan kayu juga dimuntahkan tanah longsor di jalan provinsi yang menghubungkan dua kabupaten, Aceh Timur dan Gayo Lues tepatnya di Desa Rampah, kecamatan SerbaJadi Lokop, akibatnya aktivitas juga akses menuju SerbaJadi Lokop maupun sebaliknya lumpuh.

“Gelondongan kayu berbagai jenis ada yang besar dan kecil, ada juga yang sudah kering dan ada juga yang baru ditebang, bercampur menjadi material longsor  seperti tanah dan batu menutup  badan  jalan hingga mencapai 50 meter, ungkap Syahputra. Rabu (06/12).

Syah juga menyebutkan sisi -kiri jalan arah Lokop terdapat gunung yang juga kawasan hutan, sedang sisi kanan dataran juga lahan pertanian.

“Jadi jalan tepat berada di bawah gunung, yang sudah gundul karena beralih menjadi ladang dan kayu besar yang tumbuh di atas gunung sebagai penahan tanah juga sudah gundul, Karena penebangan liar. jadi wajar longsor terjadi karena  akar pohon pohon kayu tidak lagi menahan tanah” Ujarnya

Diungkap kan Syqh, longsor terus di perkirakan akan terjadi Karena sepanjang jalan lintas antar kabupaten itu terdapat gunung yang sudah gundul di sisi kiri dan kanan jurang, hingga mencapai kabupaten Gayo Lues,

“Untuk itu kita meminta kayu di gunung dan di dalam curam agar tidak di tebang pemilik tanah, sehingga tidak terjadi longsor kembali, kita juga meminta penebangan kayu dalam Kawasan hutan dapat di tindak tegas, oleh pihak berwenang” ujar Syah.

Sebelumnya longsor terjadi di desa Rampah Kilometer 70 jalan lintas lokop kampung besar, sehingga menyebabkan kecamatan SerbaJadi Lokop Terisolir. Tiang listrik tumbang dan akses menuju lokop lumpuh dari pengunaan.

Bupati Aceh Timur, melalui Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur dan Dinas PU bergegas cepat kelokasi longsor dengan menurjunkan alat berat jenis beco untuk membersihkan material longsor . (Romy/Ardy)

 

Facebook Comments

loading...

Tinggalkan Balasan