MAA Aceh Timur Gelar Lomba Dalail Khairat

ADVOKASIRAKYAT.COM | ACEH TIMUR – Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Timur, menggelar Lomba Dalail Khairat, Senin 22 Mei 2017. Kegiatan dibuka Abdul Hamid, Staf Ahli Bupati H. Hasballah M. Thaib di Aula SKB Aceh Timur di Idi.

 

Abdul Hamid, dalam sambutannya mengatakan Lomba Dalail Khairat merupakan salah satu cara masyarakat Aceh Timur menunjukkan budaya dalam mensyiarkan agama Islam. “Adat ini menjadi bukti bahwa adat Aceh memiliki akar dan kultur yang kuat dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Islam,” katanya.

 

Ditengah hiruk pikuk era globalisasi ini, lanjut Abdul Hamid, Dalail Khairat menjadi penenang yang menghilangkan kebingungan dalam hati. “Pemerintah Aceh Timur berharap kegiatan ini menjadi salah satu bagian penting dalam upaya merawat dan melestarikan budaya,” katanya.

 

Dalam kehidupan masyarakat Aceh, Lomba Dalail Khairat merupakan kebiasaan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat, dimana setiap perayaan hari-hari tertentu misalnya acara resepsi pernikahan, sunnatan rasul sudah menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat mengadakan Dalail Khairat.

 

Selain itu,  perlombaan Dalail Khairat sangat berdampak positif untuk melestarikan budaya -budaya yang islami serta peningkatan keimanan kepada Allah SWT. “Kami harapkan dengan diadakanya acara perlombaan dalail khairat ini nantinya akan terciptanya kader-kader baru sebagai generasi penerus supaya hal ini tidak hilang dengan sendirinya seiring berjalan waktu yang disebabkan perubahan generasi,” ujar Abdul Hamid.

 

Ketua Panitia Pelaksana, Drs. Badruddin, dalam laporan sebelumnyanya mengatakan, adapun maksud dan tujuan pelaksanaan perlombaan Dalail Khairat ini untuk meningkatkan syiar islam dan seni budaya islam bagi generasi muda untuk mengalakan kembali budaya dalail khairat bagi masyarakat di gampong-gampong dalam Kabupaten Aceh Timur. (Rom).

Facebook Comments

loading…


banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: