Masyarakat Rukun Nelayan Desa Jetis Nusawungu Gelar Budaya Sedekah Laut

oleh

 

Advokasirakyat.com | Cilacap – Komandan Koramil 05 / Nusawungu, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Arm. Suroto ikuti gelar budaya sedekah laut Rukun Nelayan di tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jumat (22/09).

 

Danramil 05/Nusawungu, Kapten Arm. Suroto mengatakan, pelaksanaan sedekah laut dari tahun ke tahun sungguh menggembirakan. Karena ternyata warga nelayan desa Jetis, Kecamatan Nusawungu masih sangat antusias menyambut pelaksanaan sedekah laut.

 

Dengan komitmen yang kuat dari nelayan untuk melestarikan tradisi yang sarat dengan nilai-nilai budaya dan filosofi hidup ini, Sedekah laut dapat terselenggara dengan baik, dan ini menjadi tradisi tahunan yang harus di dukung dan di lestarikan.” Kata Kapten Arm. Suroto.

 

Menurutnya, acara pesta sedekah laut yakni sesaji yang akan dilarung ke lalut diarak dan diiringi dengan dramben dan masarakat dengan berpakaian adat Jawa.

Pesta Sedekah Laut ini sebagai wujud rasa syukur masarakat nelayan desa Jetis atas berkah yang melimpah berupa hasil laut dan keselamatan dari Allah SWT.

 

Sesaji ritual yang dikemas kemudian dilarung ke tengah laut, di ikuti oleh para nelayan. Ribuan masyarakat sangat antusias menyaksikan budaya tradisi larungan sedekah laut ini.Berbagai acara tambahan juga digelar yakni, pergelaran wayang kulit, calung,kentongan modern dengan tari seni, kuda lumping dan berbagai kesenian tradisional jawa lainnya.” Pungkasnya.[Rls]

Facebook Comments

loading...

Tinggalkan Balasan