Menyambut HUT RI KE – 72, DANDIM Aceh Selatan Dan Rombongan MUSPIDA Plus Ziarahi Dua Makam Pahlawan

 

 

ADVOKASIRAKYAT.COM | Aceh Selatan – Menyambut dan memperingati HUT RI ke – 72 tahun 2017, Bupati Aceh Selatan H.T.Sama Indra, SH bersama rombongan Muspida plus melaksanakan ziarah dan tabur bunga di makam Teuku Cut Ali Desa Suaq Bakung, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (16/08/2017).

 

Selain Bupati, ziarah dan tabur bunga turut dihadiri Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto beserta rombongan lainnya seperti Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi, SIK, Sekda Asel H.Nasjudin, SH, MM, Kajari Asel Munif, SH, MH, Waka Polres Asel, Kompol Sabri, Wadan Yonif 115/ML Kapten Inf Eko Novandi Saputro, Direktur RSUD Yulidin Away Dr. Faisal, para SKPK, Muspika Kluet Raya, Seluruh Asisten Pemda Asel, prajurit Tni dan Polri, Persit Kartika cabang XXIX Dim 0107/Asel, Ibu Bhayangkari Polres Asel serta para siswa siswi SMP dan SMU Kluet Selatan.

 

Kedatangan rombongan Bupati yang juga didampingi Komandan Kodim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto serta Kapolres Asel AKBP Achmadi, SIK mendapat sambutan dari Muspika Kluet Selatan, Danramil, Kapolsek dan ratusan siswa siswi SMP, SMU Kleut Selatan. Para siswa siswi berbaris mulai dari luar pintu gerbang pekarangan makam hingga area pemakaman.

 

Dalam acara tersebut, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Bupati Aceh Selatan H.T.Sama Indra, SH, MH, sedangkan Komandan Upacara (Danup) ditunjuk Danramil 08/Bakongan Kapten Inf Endang Ruhiyat.

 

Sebelum menabur bunga di makam pahlawan Teuku Cut Ali, Bupati beserta rombongan dan seluruh peserta upacara melaksanakan tata tertip upacara seperti penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta dipimpin Inspektur upacara, pembacaan Doa kepada para arwah pahlawan dan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan Teuku Cut Ali yang merupakan pejuang kemerdekaan melawan penjajahan Belanda di Aceh Selatan.

 

Perlu diketahui bersama, Teuku Cut Ali merupakan pahlawan yang sangat ditakuti serdadu Belanda. Beliau juga merupakan salah satu keturunan Raja Trumon yang dilahirkan di Desa Kuta Baro Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 1795. Ayahnya bernama Teuku Cut Hajat, ibunya Nyak Puetro.

 

Selanjutnya, Bupati Aceh Selatan beserta Dandim 0107/Asel dan rombongan melaksanakan tabur bunga di area utama makam Teuku Cut Ali dengan diiringi lantunan lagu gugur bunga ciptaan Ismail Marzuki. Tabur bunga dilakukan secara bergantian dimulai dari Bupati, Dandim, Kapolres, Sekda, Kajari, Waka Polres, Wadan Yonif 115/ML dan seterusnya.

 

Tidak berakhir di makam Teuku Cut Ali, rombongan kembali melanjutkan ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan Rajo  Lelo di Desa Sapik, Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan, merupakan seorang panglimo (panglima) dan pejuang dari tanah Kluet yang berhasil membunuh Kapten J.Paris dan serdadunya dalam perang Kelulum.

 

Bupati Aceh Selatan H.T.Sama Indra mengatakan kegiatan ziarah dan tabur bunga adalah hal yang sakral dan sangat penting serta bagian utama dalam rangka menyambut HUT RI ataupun hari – hari besar lainnya.

 

“Tidak boleh terlewatkan kegiatan ziarah dan tabur bunga, disinilah kita bangkitkan rasa nasionalisme dengan mengenang jasa perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperebutkan kemerdekaan,” terang Bupati.

 

Ditempat terpisah, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengatakan selama hayat masih dikandung badan, kita warga negara Indonesia masih melaksanakan ziarah dan tabur bunga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan.

 

“Jangan pernah sekali kali melupakan sejarah, jangan pula melupakan pahlawan, perjuangan mereka tidak sebanding dengan apa yang kita lakukan sekarang, jadi hari ini kita ziarah dua makam pahlawan yang ada di Aceh Selatan,” jelas Dandim.

 

Prosesi acara di makam Rajo Lelo mengakhiri rangkaian kegiatan utama dalam rangka menyambut HUT RI ke 72 tahun 2017. Acara berjalan aman, tertib dan khidmat.[Haes]

Facebook Comments

loading…


banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: