MK Mencabut Kewenangan Mendagri batakan Qanun secara otomatis Qanun bendera dan lambang sah.

ADVOKASIRAKYAT.COM | Aceh Utara – Ketua Pusat Analisis dan Kajian Advokasi Rakyat (PAKAR) Aceh Utara, Hidayatul Akbar SH menilai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan paslon Gubernur Aceh Muzakir Manaf-T.A.Khalid menciderai pemberlakuan kekhususan yang selama ini di terima Aceh.

Padahal secara konstitusional, dalam UUD 1945 pasal 18B ayat 1 dinyatakan bahwa negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintah daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dalam undang-undang. Seharusnya MK sebagai pengawal konstitusi Indonesia wajib menghormati pasal dalam konstitusi tersebut, Kata Dayat.

“Bagaimana kepala pemerintah Aceh masih loyal terhadap UUPA yang merupakan kekhususan Aceh jika dalam penetapannya sebagai pucuk pimpinan pemerintah Aceh menggunakan UU Pilkada yang berlaku nasional,” ujar Hidayat kepada AdvokasiRakyat.com, Kamis (6/4/17).

Dalam Hal ini Hidayat menegaskan dirinya bukan menyalahi siapa yang kalah dan terpilih dalam pemilihan gubernur, karena menurutnya itu adalah hak mutlak rakyat dalam memilih.

Terkait putusan MK tentang pencabutan kewenangan Mendagri dalam membatalkan perda (Qanun) Hidayat mengatakan hal ini dapat mengakibatkan qanun Aceh yang selama ini masih dalam verifikasi Mendagri atau masa cooling down secara otomatis itu telah sah berlaku termasuk qanun nomor 3 Tahun 2013 tentang bendera dan lambang Aceh yang selama ini terus menerus menjadi tarik ulur antara pemerintah pusat dan pemerintah Aceh.

Secara otomatis cooling down ini batal. Karena cooling down itu menunggu persetujuan Mendagri sementara persetujuan mendagri dalam penetapan perda sudah tidak dibutuhkan lagi karena kewenangan pembatalan qanun telah dicabut oleh MK. Artinya, qanun tersebut telah sah dan meminta gubernur sebagai eksekutor dari sebuah aturan untuk memerintahkan seluruh instansi-instansi pemerintah Aceh agar segera mengibarkan bendera bintang bulan dan menggunakan buraq singa sebagai lambang daerah, tambah Dayat. (*)

Facebook Comments

loading…


Tags: , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: