Opini : Lukman Said dari Parlemen Jalanan Menjadi Tokoh Nasional

ADVOKASIRAKYAT.COM | OPINO – Dalam mencapai sebuah tujuan banyak cara untuk di lakukan, sebuah pencapaian dibutuhkan kerja keras dan di dorong oleh prinsip hidup di atas nilai-nilai Idealis. Beberapa tokoh yang lahir di Dunia semua punya sejarah masing-masing. Rentetan perjalanan hidup kadang ada yang melalui sebuah rintihan kesakitan karna kerasnya gelombang arus kehidupan.

Latar belakang bukanlah menjadi soal dalam mencapai puncak kesuksesan tapi sampai dimana kita ingin memulai sesuatu untuk mencapainya.

Di Mamuju Utara ada sebuah Figur Pemimpin yang baik untuk di jadikan motivasi dalam membangun kepercayaan dalam mencapai tujuan hidup. Yang mana memulai gerakannya sebagai perlemen jalanan yaitu H. Lukman Said S.Pd seorang legislator yang Gaya oratornya seperti Bung Karno.

Beliau di Lahirkan di kabupaten Majene, 25 Desember 1973 dari seorang Anak petani di sudut desa terpencil.

Dalam perjalanan hidupnya Pak Lukman sapaanya, Menceritakan betapa kerasnya hidup yang di lalui sebagai seorang anak petani sampai pada posisi saat ini, itu bukanlah di raih dengan mudah tapi butuh perjuangan panjang untuk sampai titik puncak kesuksesan sebagai seorang Legislator.

Ketika menjadi seorang mahasiswa aktivitasnya bukan hanya sebagai mahasiswa yang hanya datang duduk dan terima mata kuliah, Tapi kesehariannya di sibukkan menjadi aktivis kampus yang menolak ketidak adilan di sekelilingnya, bahkan bukan hanya di kenal sebagai Aktivis 98 tapi dia dikenal juga sebagai Qoriah dalam kampus.

Dunia jalanan adalah jalan hidupnya selain aktif kuliah untuk menuntut ketidak Adilan di masa Orde Baru, Dimana-mana suara kebenaran lontang di suarakan untuk rezim yang korup bahkan sebagai Mahasiswa yang katanya suara penyambung lidah masyarakat memenuhi di sudut kota. Suara kebenaran terkadang harus berhadapan Meriang(senjata) yang di lakukan perpanjangan tangan pemerintah untuk mendiamkan para parlemen jalanan. Tapi tidak membuat Lukman Said dan kawan-kawan untuk mundur dari perjuangan bahkan perjuangannya lebih progres untuk menumbangkan rezim tirani.

Sehingga puncak dari perjuangan itu mampu menerobos-menumbangkan sebuah kediktatoran Orde baru yaitu dengan mundurnya Suharto dari jabatan presiden. Maka dengan ini di tandainya masa reformasi.

Nilai-nilai Gerakannya dan Religusnya di jalankan sesuai ajaran oleh lingkungan sosialnya bahwa ketika engkau melihat ketidak Adilan di sekelilingmu maka lawan mereka dengan perjuangan walaun tetesan keringat dan darah itu dikorbankan. Itulah prinsip Bapak Lukman Said sebagai seorang yang kepekaan terhadap masyarakatnya sangat tinggi.

Rasa ingin berbuat banyak untuk masyarakatnya H. Lukman Said berinisiatif masuk dalam dunia politik, kata dunia Politik bukanlah hal Asing terdengar Buat Pak Lukman, karna ketika menjadi mahasiswa pernah menjadi ketua SENAT bahkan Aktif di dunia Organisasi dan LSM.

Pada tahun 2004 perhelatan Pileg H. Lukman Said terpilih sebagai Anggota DPRD. Disitulah kehidupan baru dimulai sebagai perwakilan rakyat di legislatif, dalam waktu yang berjalan semuanya mampu di jalani dan bahkan Pileg Selanjutnya mampu terpilih kembali dan posisi strategi pun kembali di amanahkan yaitu Wakil ketua.

Tepat Pada tahun 2014 kembali dilakukan Pileg, pada kesempatan ini digunakan untuk menampung seluruh kekuatan untuk merebut kursi ketua DPRD, sehingga karismatik Orasi seperti Bung Karno yang melekat pada aktivis jalanan Lukman Said ini kembali terpilih bahkan perjuangan untuk ketua DPRD mampu di Raih. Sebuah prestasi yang luar biasa seorang anak petani mampu mencapai titik kesuksesan, ini semua bentuk Nasehat orang Tua bahwa tetap Ulet dan sabar dalam berjuang.

Lanjut.
Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ketua DPRD tetap menjunjung nilai-nilai perjuangan untuk rakyat, bahwa berbuat untuk kesejahteraan rakyat adalah tugas utama. Menuntaskan semua permasalahan rakyat yang di wakilinya sebuah harga mati yang harus di tuntaskan demi terciptanya keadilan bagi seluruh Rakyat.

Selama dalam kepemimpinanya tidak membatasi jarak dengan masyarakatnya karna sadar bahwa H. Lukman Said lahir dan besar dari masyarakat bawah. Bahkan semua kalangan tidak dibeda-bedakan baik tokoh Agama, tokoh pendidik, tokoh masyarakat, tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan semua mampu di masuki seorang wong cilik H. Lukman Said. Yang lebih Asyik lagi ketika di lingkungan Anak Muda semua mampu merasa nyaman dan bercanda tawa bahkan tak lupa memberi motivasi untuk belajar menuntut ilmu demi meraih cita-citanya.

Inilah Sosok kesederhanaan dari seorang mantan Legislator jalanan dari Mamuju Utara H. Lukman Said yang merakyat.

Menjabat ketua DPRD Mamuju Utara membuatnya menjadi lebih dikenal di kalangan Legislator di daerah-daerah indonesia, karna memegang jabatan sebagai ketua Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi). Yang sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Adkasi, adapun tujuan Adkasi mewujudkan DPRD Kabupaten yang efektif dalam mendorong tata pemerintahan yang baik menuju pembangunan yang berkelanjutan dalam kerangka ekonomi daerah dan Demokrasi.

Selama memimpin Adkasi banyak hal positif dirasakan daerah Mamuju Utara karna daerah-daerah lain mengakui bahwa ada seorang anak Petani dan anak daerah di ujung Utara Sulawesi Barat menjadi Tokoh Nasional. Dan inilah sebuah prestasi yang luar biasa ada anak daerah menjadi sentral pengambil kebijakan di Organisasi Adkasi dan sekaligus Tokoh Nasional.

Walaupun memimpin Adkasi tapi tugas dan tanggung jawab sebagai ketua DPRD Mamuju Utara tidak pernah di tinggalkannya karna memang itulah tugas utamanya sebagai wakil Rakyat.

Kepemimpinannya tidak perlu lagi kita ragukan, Integritas dan Kapabilitasnya sudah terbukti. Sehingga ada sebuah kepercayaan masyarakat kepada H. Lukman Said bahwa semoga kepemimpinan ini berlanjut ke jenjang lebih tinggi. Supaya bisa lebih banyak berbuat untuk kemashalatan masyarakat dan masyarakat percaya bahwa semua akan mampu di raih karna masyarakat BERSAMANYA.

Kita Doakan semoga H. Lukman Said tetap Sehat dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Rakyat.

Hidup Rakyat .
Hidup H. Lukman Said.

 

Ditulis oleh : Saharuddin Mahasiswa IAIN Palu

Facebook Comments

loading…


banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: