OPINI : PKPP APPI Angkatan VIII di Banda Aceh


By Sabela Gayo, S.H.,M.H.,Ph.D.,CPL.,CPCLE

Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (APPI) terus melakukan upaya pembekalan dan peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan (skills) para anggotanya dengan melaksanakan kegiatan PENDIDIKAN KHUSUS PENGACARA PENGADAAN (PKPP) secara rutin di berbagai wilayah di seluruh Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia. standar kurikulum PKPP APPI dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai mekanisme dan business process Pengadaan Publik di Indonesia kepada para calon Pengacara Pengadaan (Procurement Lawyer) anggota APPI supaya mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan minimal setara dengan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pokja ULP.

Bahkan, di dalam kurikulum PKPP APPI ada ditambahkan beberapa materi suplemen terkait aspek yuridis Pengadaan Publik di Indonesia. Dengan adanya integrasi kurikulum tersebut maka diharapkan para Pengacara Pengadaan yang menjadi anggota APPI dapat memberikan pelayanan hukum Pengadaan secara maksimal kepada para calon kliennya kelak.

Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (DPW APPI) Aceh menyelenggarakan PKPP APPI Angkatan VIII yang dimulai dari hari Jum’at, 25 Agustus 2017 s/d hari Minggu, 27 Agustus 2017 di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah, Banda Aceh. Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut akan diisi dengan berbagai materi seputar Pengadaan Publik di Indonesia dan diharapkan para peserta dapat mengikuti berbagai materi yang telah disiapkan dengan tekun dan disiplin. Pada hari ketiga pelaksanaan PKPP APPI maka para peserta akan mengikuti Ujian Sertifikasi untuk memperoleh pengakuan sebagai Certified Procurement Lawyer (C.P.L) dari Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (APPI) dan International Federation of Purchasing and Supply Management (IFPSM). Bagi para peserta yang lulus ujian Sertifikasi maka berhak menyandang gelar sebagai Certified Procurement Lawyer (C.P.L) tersebut.

Kehadiran program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) menjadi salah satu poin strategis bagi APPI karena melalui kegiatan Diklat rutin dan terjadwal maka APPI berupaya untuk mencetak calon-calon Pengacara Pengadaan yang bersih, akuntabel, kredibel dan berintegritas. Semoga kegiatan PKPP APPI Angkatan VIII di Banda Aceh menjadi momentum yang baik bagi terwujudnya Pengadan Publik yang lebih baik, akuntabel dan kredibel di Aceh.

Facebook Comments

loading…


banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: