Prestasi Pemuda Berlandaskan Iman

by

PRESTASI  PEMUDA  BERLANDASKAN  IMAN

Oleh : Arinka Sekedang

*PESERTA LOMBA MENULIS SPMA AGARA

ADVOKASIRAKYAT.COM –  Prestasi merupakan hasil karya baik, yang dilakukan seseorang untuk mencapai solusi dalam menghadapi   situasi segala  asfek kehidupan. Dengan menggunakan kemampuan intelektual,emosional,dan Spritual. Sedang pemuda adalah: individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini, maupun dimasa depan, serta iman merupakan tambatan hati yang di ucapkan dan dilakukan dalam satu kesatuan kepada Allah, Nabi-Nabi Allah,  Para malaikat, kitab Allah, Qada dan Qadar serta hari Kiamat.

Prestasi juga salah satu faktor yang dapat meningkatkan derajat Pemuda dengan karya , inovasi dan kreatifitas yang di hasilkan untuk masa depan Bangsa dan Negara, bahkan dengan Perestasi kita dapat membangun Peradaban. Setiap Inividu Pasti memiliki keinginan untuk berprestasi, sesuai dengan bakat yang telah diberikan sang pencipta sejak lahir, Prestasi memiliki daya tarik sendiri untuk memuliakan serta mengangkat derajat seseorang.  Tentunya presatasi tersebut di dapat melalui proses serta pengalaman yang panjang di dalam kehidupan. Prestasi dapat mengharumkan nama Bangsa dan Individu yang memiliki karya di bidang tertentu, Prestasi bukan hanya sekedar menang hasil Lomba tetapi juga pembaharuan , Temuan, proses usaha ,keterampilan, ilmu pengetahuan dan juga kreatifitas.

Prestasi bisa Tercapai Apa bila disertai dengan cita-cita dan juga kesungguh-sungguhan dalam meraih mimpi, dalam mengukir perestasi pasti dibutuhkan ketekunan dan juga keahlian tanpa melupakan Ibadah serta ketaqwaan terhadap sang Pencipta yang telah memberi Potensi pada setiap manusia untuk Berprestasi.

 Agen Of change Muslim yang meraih perestasi   adalah : Dr. Muhammad Husein bin Thaba Thaba’i seorang penghafal seluruh isi alquran beserta maknanya pada usia 5 tahun, Leopold weiss yang di kenal dengan nama Muhammad Hasan sang petualang penerjemah Alquran, Syeikh Yusuf Estes Seorang Da’i yang di sukai dikalangan muda, Abu  Al Qasim al Zahrawi seorang yang mempelopori kesehatan, Prof.Dr.Hulusi Beccet sebagai penemu penyakit behcet, Malik El Shabazz sebagai Aktivis Persamaan hak, Profesor Muhammad Yunus sebagai Pendiri Bank untuk orang miskin,Fazlur Khan Sebagai Ahli Struktur Bangunan,Prof.Dr. Zaha Hadid mempelopori penelitian dan penyelidikan Desain Bangunan, Prof Dr Akhtar Hammed Khan MA sebagai pelopor usaha kredit,Dr. Mahbub Ul Haq sebagai ahli Ekonomi, dan lain-lain.

Prestasi juga dapat memberikan motivasi untuk membangun masa depan yang lebih baik, figur yang berperestasi sehingga dapat memotivasi dan memberikan kepercayaan diri yang kuat bagi pemuda Idonesia :Widagdo Setiawan, yaitu satu –satunya orang Indonesia yang memegang  dua mendali emas International phsyics olympiade (Ipho), Jhonatan Pradana Mailo seorang kampiun fisika tingkat dunia, Andy Oktavian Latief seorang pelajar cemerlang yang membawa Indonesia menjadi juara dunia pada olimpiade fisika international (Ipho).

Adapun Prestasi yang di capai Aceh yaitu: Perakit Helikopter oleh : Nasriadi, Penerima Award Citra Anak Bangsa Yaitu : Teuku Syahwal dari: Pidie, Mate-matikawan Alumni SPMA Bireun yaitu : Ega Safitri, Farma Andiansyah Sebagai Ketua SPMA Aceh Tenggara yang memiliki kiprah dan banyak pengalaman di Dunia kepemimpinan serta Aktif dalam forum-forum organisasi dan sibuk mengikuti seminar –seminar guna menambah wawasan dan ilmu kepemimpinan, agar bisa berperoses menjadi pemimpin sejati di masa yang akan datang.

Berbicara tentang Aceh Tenggara, “Selain Berita Tentang Kematian Gajah Bunta di Aceh Timur yang menyebabkan Gubenur Aceh  Irwandi Yusuf membuat Syayembara cari Pelaku Berhadiah 100 juta, Anggota DPRI : Salim Fachri Membuka Turnamen Futsal di Kutacane sebagai Salah satu UpayaNya Mencegah Pemuda terlibat Narkoba,  dengan Hadiah Uang Tunai 5 juta Untuk Juara 1 , 3 juta untuk juara 2 dan 2 juta untuk juara 3 dan Piala bergilir serta 1 juta Untuk Pemain Terbaik”.

 Narkoba adalah Musuh Pemuda Saat Ini, Khususnya di Agara , Jika kita ingin Aceh Lebih baik dimasa Depan, Narkoba pantas menjadi Musuh Nomor satu , karena bahayanya yang sangat besar, yaitu : Membuat Otak Pemakainya  Menjadi Rusak, dan Pelakunya bisa Menjadi Pelanggar hukum, pemakainya tidak bisa lagi sekolah, dan dapat membuat pemakainya over Dosis, Narkoba yaitu zat Adiktif, Psikotrofika dan Nafza tidak mengenal usia untuk menjadi korbanya, peredaranya juga bervariasi, bahkan sekarang ada yang berbentuk permen dan juga minuman.

Pemuda Agara sendiri biasanya mengunakan Narkoba dengan bentuk Lem kambing Sehingga bisa di hirup, Saat ini Pemuda juga masih banyak yang ketergantungan terhadap Rokok, Padahal Rokok juga Salah satu dari Narkoba karena mengandung Tar dan Nikotin, tetapi Rokok menjadi Trend Pemuda saat ini, “jika tidak Merok belum gaul” .  Di Aceh Tenggara Narkoba tumbuh pesat makanya Bupati Agara Menyiapkan Dana 1 M. Kepada Aparat yang dapat Menanggani kasus tersebut. Menurut saya pribadi sebagai penulis”  Narkoba Akan bisa teratasi jika Pemuda Agara berlomba –lomba dalam mengukir Prestasi yang gemilang berlandaskan Iman “ . Mengapa demikian ?

Jika Pemuda menyibukan diri dengan belajar dan Prestasi pastinya godaan terhadap narkoba bisa di cegah karena pemuda tidak memiliki waktu luang untuk terpenggaruh dengan Narkoba.

Hal tersebut karena pemuda di sibukan dengan kegiatan-kegiatan positif untuk berprestasi seperti ; Mengaji, kursus bahasa, menjahit, dan sibuk dalam organisasi agar mendapat wawasan yang luas sehingga dapat mengukir prestasi, selain prestasi hal yang tidak boleh dilupakan oleh Pemuda Adalah Iman , Karena Iman adalah fondasi utama untuk mencegah kita melakukan keburukan dan Pengangkat derajat Manusia . sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.s Almujadillah Ayat 11 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya :”Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Kelebihan Prestasi Pemuda berlandaskan iman adalah : Agar terciptanya pribadi pemuda yang cerdas , memiliki wawasan yang  luas, bertaqwa serta pantang menyerah dalam menghadapi segala persoalan Untuk Membangun Agara, Khususnya dalam menanggani Narkoba pada Pemuda. . Kelemahanya Sendiri Adalah : dalam mencapai prestasi di butuhkan proses pembelajaran yang panjang terhadap Ahli, membutuhkan sarana dan fasilitas serta kesadaran pemuda dan mahasiswa akan lingkungan.

Kesimpulan : Prestasi Berlandaskan iman adalah salah satu solusi masa depan Aceh dan cara Mencerdaskan pemuda serta membangun Aceh yang Lebih Baik.

Leave a Reply