SPMA Fakultas Pertanian Al-Muslim Menyayangkan Pengalihan Fungsi Lahan Pertanian

by

ADVOKASIRAKYAT.COM | Bireuen – Arifandi, ketua SPMA Fakultas Pertanian Universitas Al-Muslim Menyayangkan dan Merasa Prihatin Terhadap Sebagian masyarakat Yang Masih Melakukan Pengaluhan Fungsi Lahan Pertanian. Hal ini di sampaikan Arifandi kepada AdvokasiRakyat.com pada Kamis,24 Mei 2017.

Arifandi mengatakan, Pengalihan Yang Terjadi Dari Tahun Ke Tahun Dilakukan Oleh Sebagian Masyarakat itu Merupakan Pengalihan Lahan Sawah menjadi Bangunan, Baik Rumah Maupun Toko Serta Perusahaan dan Perkantoran . Padahal Sawah Merupakan Lahan Bercocok Tanamnya Padi Yang Kemudian Menjadi beras dan Pada akhirnya menjadi Kebutuhan primer kita .

Arif Beharap Dinas Terkait Betul Betul Benar dan jelas dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat .”Harapnya Kepada Masyarakat Mari kita jaga Lahan Tersebut, jangan melakukan pengalihan fungsi lahan. Jangan hanya memikirkan jangka pendek atau memikirkan untuk diri sendiri tapi pikirlah jangka panjang untuk anak cucu kita kelak ,” Kata Arifandi.

Padahal Sektor Pertanian Merupakan Sektor Strategis dan berperan penting dalam perekonomian nasional dan kelangsungan hidup masyarakat Serta dapat menambah omset pribadinya , kata Mahasiswa Jurusan Agribisnis Tersebut

Memang ada bebarapa Faktor yang mengakibatkan lahan di alih fungsikan oleh sebagian masyarakat maupun pemangku kepentingan ( stakeholders ) maka dari itu tidak hanya sebatas dilakukan satu pendekatan saja tapi juga harus ada kebijakan yang mendukung dan mengarah untuk mempertahankan keberadaan lahan.

Pemberian subsidi kepada para masyarakat yang pekerjaannya sebagai petani .
Karena Mengingat Selama ini penerapan perundang-undangan dan peraturan pengendalian alih fungsi lahan kurang berjalan efektif maka diperlukan juga suatu kebijakan alternatif.

Leave a Reply