Tantangan Era Globalisasi, Kodim Asel Tingkatkan Pembekalan Wasbang Bagi Pelajar

by
Anggota TNI sosialisasikan materi Wasbang kepada pelajar SMA

AdvokasiRakyat.com | ACEH SELATAN – Jajaran Kodim 0107/Asel semakin gencar melakukan sosialisasi pembekalan wawasan kebangsaan kepada pelajar SMA sederajat di Kabupaten Aceh Selatan.

Pasalnya, di era globlasisasi ini teknologi berkembang dengan pesatnya, memberikan akses kepada siapapun untuk mengetahui dunia secara luas dan terbuka.

Masyarakat Indonesia terkhusus para generasi muda dengan mudah memahami teknologi yang menjelma dalam bentuk digital. Berbagai tampilan budaya luar yang pada akhirnya kian lama kian surut akan jiwa nasionalisme.

Namun yang berdampak positif juga harus didukung atas keberhasilan memasuki era globalisasi dengan serba tehnologi dalam bentuk digitalisasi.

Oleh karena itu, untuk menyikapi dan mengantisipasi dampak negatif dari globalisasi itu, Danramil 07/Kluet Selatan Kapten Inf Abdurokhim dan Babinsa Koramil 10/Labuhan Haji Barat memberikan sosialisasi pembekakan materi Wawasan kebangsaan kepada pelajar SMA di wilayah binaanya.

“Cara mengatasi dampak negatif dari globalisasi tersebut, kita masuk ke sekolah-sekolah melakukan kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar SMA Kluet Selatan,” kata Danramil 07/KS Kapten Inf Abdurokhim kepada awak media, Jumat (20/07/2018).

Abdurokhim mengungkapkan, materi yang disampaikan ialah bagaimana menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh bagi geberasi muda, termasuk di dalamnya senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Modal utama kita adalah bagaimana menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alkah SWT mulai sejak dini, dengan kecintaan kepada Alkah dan agama secara otomatis kobaran semangat nasionalusme cinta kepada bangsa dan negara akan tumbuh,” kata Danramil 07/Kluet Selatan Kapten Inf Abdurokhim, S.Ag.

Selain itu, kata Abdurokhim di era kemajuan teknologi ini generasi muda penerus bangsa harus bisa menyaring berita, memilah mana yang positif dan negatif agar mendapat tolak ukur untuk dijadikan masukan dan kemajuan menuju arah lebih baik.

“Tidak kita pungkiri banyak berita yang menyesatkan apabila tidak memiliki pengetahuan dan ilmu, kita harus pandai memilah – memilih dan menyaring mana yang bisa kita jadikan masukan dan kemajuan menuju arah yang baik” kata Danramil Kluet Selatan

Ditempat terpisah, Babinsa Koramil 10/Labar, Serda Fahrorroji juga memberikan pembekalan Wasbang kepada pelajar SMA 1 Labuhan Haji Barat.

Serda Fahrorroji mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat yang berada di wilayah binaannya.

“Sebagai aparatur kewilayahan saya punya tanggung jawab memberikan pembinaan dan memberikan wawasan terhadap adek-adek ini, karena mereka adalah generasi penerus yang harus semangat dalam menimba ilmu terutama dalam semangat nasionalisme Indonesia,” kata Serda Fahrorroji.

Adapun materi yang kita berikan, terang Fahrurroji adalah empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Geberasi muda perlu perhatian pada nilai luhur bangsa agar berkarakter kebangsaan yang kuat sehingga mampu menjadi penyelamat negara,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan siraman ilmu dari Babinsa, Kepala sekolah SMAN 1 Labar Yusri, S.Pd menyampaikan bahwa dengan adanya program kegiatan Wasbang dari Koramil maka tentunya sangat membantu sekolah-sekolah terutama untuk melatih kedisiplinan para siswa.

“Kegiatan ini sangat membantu kami memberikan ilmu terhadap anak- anak didik, kami sangat berterimaksih kepada pak Babinsa atas pelajaran yang sangat berharga ini ” kata Kepsek.

Kepala Sekolah juga mengatakan bahwa kehadiran TNI dilingkungan sekolah dapat memberi dampak positif bagi pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Menumbuhkan jiwa patriotisme dalam belajar dan juga membentuk kedisiplinan sehingga tumbuh motivasi dari jiwanya untuk mengejar cita-cita.

“Hadirnya Pak Babinsa disini menjadikan kami lebih semangat dalam mengajar dan belajar, semoga kegiatan ini bisa mingkatkan kedisiplinan menjadikan anak – anak” tutur kepala Sekolah

Pantauan Pendim0107, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pelatihan peraturan baris-berbaris (PBB) kepada pelajar SMA 1 Labuhan Haji Barat.[Pendim0107]

Leave a Reply