Usai Temukan Ladang Ganja, Tim Gabungan Kibarkan Merah Putih

by

ADVOKASIRAKYAT.COM | ACEH SELATAN – Anggota Kodim 0107/Aceh Selatan dan personil Satuan Sabhara Polres Asel beserta petugas Taman Nasional Gunung Louser (TNGL) berhasil menemukan seluas 1 hektar ladang di Desa Seuneubok Keranji, Kecamatan Kota Bahagia, Selasa (07/08/2018) lalu.

Penemuan tersebut berawal saat tim gabungan melakukan patroli kawasan nasional hutan gunung lauser di seputaran wilayah Desa Seunebok Keranji yang berjarak puluhan kilometer dari perkampungan.

Adapun personil yang tergabung dalam pelaksanaan patroli gabungan diantaranya Aipda Zulfikar anggota Sabhara Polres Asel, Sertu Azrun Daulay Babinsa Koramil 07/KS dan Herman, Jafar, Wahidin, Hermanto, Fakruddin dari petugas Taman Nasional Gunung Louser (TNGL).

Menurut informasi yang diperoleh dari Sertu Azrun Daulay, kronologis penemuan ladang ganja sekitar pukul 09.00 WIB, tim yang dipimpin Herman bergerak dari pos peristirahatan pertama menuju kawasan Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) yang berada dalam wilayah Desa Seunebok Keranji.

Selanjutnya, pada pukul 04.00 WIB akan melaksanakan istirahat malam di atas ketinggian dengan koordinat
N 03 ’01’21.4″ E 097’30’ 01.5″, tim menemukan ladang ganja seluas lebih kurang 1 hektar.

“Setelah berjalan malam sekitar sekian kilometer kami beristirahat sejenak. Kemudian pas melanjutkan perjalan kami temukan ladang ganja itu di wilayah Desa Seunebok Keranji yang merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL),” terangnya.

Azrun mengaku, tidak menemukan siapa pemilik lahan ganja tersebut namun diperkirakan sebanyak lebih kurang 2 ribu batang ganja siap panen.

“Ada sekitar 1 hektar dan sebayak lebih kurang 2 ribu batang bahkan kami temukan sebagian yang sudah dipanen oleh pemiliknya,” ungkap Azrun.

Sambungnya, pada hari Rabu (08/08/2018) pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.30 WIB tim gabungan mulai melakukan pemusnahan dengan cara mencabut dan membakar seluruh batang ganja di lahan tersebut.

“Hampir 4 jam lebih kita cabut dan kemudian membakar semua batang ganja. Setelah itu kami kembali lanjutkan patroli ke atas puncak gunung lauser,” terangnya.

Tim gabungan kembali melanjutkan patroli ke puncak gunung lauser dan melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan RI ke- 73 tahun 2018.

Hal tersebut juga disampaikan Humas Polres Aceh Selatan kepada awak media melalui pesan Whatsapp, Sabtu (11/08/2018) bahwa ladang ganja yang belum diketahui pemiliknya ditemukan tim gabungan TNI, Polri dan petugas PAM TNGL saat melakukan patroli keamanan.

“Ladang ganja itu tidak sengaja ditemukan oleh tim gabungan saat patroli di kawasan TNGL Desa Seunebok Keranji Kecamatan Kota Bahagia,” katanya.

Humas Polres Asel menyebutkan lahan ganja sekitar satu hektar memiliki kurang lebih 2 ribu batang pohon ganja yang kemudian langsung dimusnahkan oleh tim gabungan.

“2 ribu batang ganja dalam kebun seluas 1 hektar langsung dimusnahkan oleh tim patroli gabungan,” demikian sebut Humas Polres Aceh Selatan.

Leave a Reply