Viral, Warganet Usulkan Sarjani untuk Wagub Aceh

by

ADVOKASIRAKYAT. COM | Lhokseumawe -,Pasca terjadinya OTT (Operasi Tangkap Tangan) yang menyeret nama Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ke meja hijau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dugaan terlibat tindak pidana korupsi pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2018 pada Pemerintah Provinsi Aceh. (16/07/2018)

Kemudian Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantik Wakil gubernur Aceh sebagai pelaksana tugas (plt) Gubernur Aceh di Gedung Sasana Bhakti Praja, Senin 9 juli 2018. Menyusul hal tersebut, warganet menggadang-gadangkan mantan Bupati Pidie Sarjani Abdullah sebagai Wakil Gubernur Aceh untuk mendampingi Nova Iriansyah ketika sudah ditetapkan sebagai gubernur definitif nantinya.

Isu Sarjani agar dipilih oleh partai pengusung pemenang Pilkada lalu direspon positif dan hangat di kalangan warganet pengguna media sosial facebook.

“Kita Mahasiswa dan Pemuda mendambakan Pemimpin yang cerdas, dan berwibawa seperti Sarjani untuk Aceh yang bermartabat,” tulis akun facebook Riska Liani, yang diposkan pada Minggu 15 Juli 2018.

Riska Liani juga memposting foto kolase Sarjani dan Nova Iriansyah dengan teks foto, “Jika isu ini benar, kita akan sepenuhnya mendukung inisiatif Pak Nova Iriansyah untuk menggaet Sarjani Abdullah sebagai wakil Gubernur Aceh sampai berakhir masa jabatan.”

Postingan tersebut telah dibagi sebanyak 109 kali dan mendapat beragam tanggapan dari pengguna lainnya, di antaranya, Muhammad Saddam menuliskan “Kurasa ini keputusan yg tepat untuk menjaga keseimbangan politik ban-sigoem Aceh.”

Komentar lainnya Ali Topan menulis “Nyonyan wagub baro bereh..pidie aceh meu adoe a..nyan tujuan cukop saheh..yg dipreh preh aneuk bangsa.. pidie kompak that teuleubeh..cukop bereh hai PAKNOFA..???

Sebagaimana diketahui Sarjani Abdullah merupakan mantan kombatan GAM yang pernah mengenyam pendidikan militer di Kamp Tahjura, Libya, dan pernah memimpin Kabupaten Pidie periode 2012-2017 dengan berbagai prestasi yang ditorehnya untuk kemajuan Kabupaten tersebut, yang kini juga menjabat sebagai Ketua Harian DPA Partai Aceh.

Salah satu tokoh muda Pidie Zulkifli S.Sos,. M.Si merespon isu yang sedang viral di dunia maya tersebut mengatakan, itu bisa saja aspirasi masyarakat Aceh yang disalurkan melalui media sosial yang patut dipertimbangkan. Namun dia menyebutkan, pergantian wakil gubernur itu harus usulan dari partai pengusung, dan tidak masalah apabila partai pengusung tersebut mengusulkan Sarjani Abdullah sebagai Wakil Gubernur Aceh.

“Hal ini sangat baik demi menjaga keseimbangan roda pemerintahan dan memperbaiki hubungan antara eksekutif dan legislatif, dan tidak mustahil mengusung ketua harian DPP Partai Aceh menjadi calon wagub,” ujarnya.[]

Leave a Reply